Konsol Game Terbaru Dari Valve, Kini Main Game PC Lebih Mudah

Konsol Game Terbaru – Pada bulan Mei kemarin, Valve memutuskan untuk membocorkan tentang perilisan konsol portable mereka yang disebut Steam Deck.

Konsol ini memiliki kemiripan dengan Nintendo Switch yang memiliki dua tombol analog dengan tombol pelengkap lainnya.

Steam deck di peruntukan untuk digunakan memainkan game-game yang tersedia di valve dimanapun dan kapanpun.

Steam Deck juga di sokong oleh sistem operasi Linux khusus sehingga berpotensi bisa menggantikan PC karena pengguna dapat menginstal Windows di dalamnya.

Banyak yang bilang, Steam Deck bakal menjadi Xbox portable dan bisa memberi pukulan keras untuk pasar game mobile.

Valve masuk ke bisnis game genggam. Desas-desus itu benar dan Steam Deck akan datang tahun ini. ia adalah perangkat genggam yang dapat memainkan game apa pun di perpustakaan Steam-mu.

Meskipun Steam Deck dapat melakukan lebih dari sekadar bermain game. Ia benar-benar seperti PC portabel. Kamu bisa mencolokannya ke monitor atau TV, menginstal aplikasi dari perangkat lunak, menggunakannya untuk streaming video, dan banyak lagi.

Steam Deck disebut-sebut sebagai saingan baru Nintendo Switch. Tetapi Valve menolak pernyataan tersebut karena beberapa fitur yang dimiliki Deck lebih banyak terinpirasi dari Konsol Hybrid Nintendo.

Bagi kamu yang ingin tahu lebih jauh tentang Steam Deck ini, berikut semua yang perlu kamu ketahui tentangnya.

Dengan kehadirkan Steam Deck, para penggemar bisa bermain daftar game Steam di mana pun dan kapan pun.

Perlu diingat, ada beberapa game yang nggak bisa dimainkan lewat Steam Deck karena kebutuhan software anti-cheat.

Beberapa game yang dipastikan belum bisa dimainkan lewat Steam Deck antara lain Destiny 2, Apex Legends, Rainbow Six Siege dan PUBG.

Perlu dicatat, Steam Deck memiliki sistem operasi Linux, jadi kemungkinan besar Valve bakal membuat lebih banyak game yang kompetibel dengan konsol besutannya.

Menurut Gabe Newell, selaku Pemilik Valve menjelaskan bahwa tujuan utama peluncuran Steam Deck bukanlah untuk menghasilkan keuntungan.

Ia menjelaskan bahwa peluncuran konsol tersebut untuk membawa nuansa dan performance baru ke satu tempat.

Konsol Game Terbaru

Kapan Tanggal Rilis Steam Deck?

Steam Deck akan mulai dikirimkan pada Desember 2021. Tetapi bukan berarti jika memesannya kamu langsung menerimanya di tahun ini.

Itu karena situs Steam Deck mengatakan “expected order availability” di Q2 tahun 2022 untuk setiap versi Deck di Inggris dan AS.

Mungkin saja Valve telah menerima lebih banyak pesanan untuk Deck dengan spesifikasi lebih tinggi yang awalnya ditargetkan dan sekarang telah menyesuaikan prioritas produksi.

Kamu bisa memesan tiket pre-order dari ketiga model yang disediakan dengan membayar 5 Dollar. Bagi yang sudah memesak tiket, nanti saat unit siap kirim akan dikonfirmasi lagi apakah ingin melanjutkan transaksi.

Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya para penimbun yang menjadi trend populer di tiap kali hardware baru datang.

Harga Steam Deck

Harga Steam Deck tergantung pada versi yang kamu inginkan. Terdapat tiga versi berbeda berdasarkan ukuran penyimpanan.

  • 399 dollar atau Rp5.8 juta untuk versi 64GB
  • 529 dollar atau Rp5.8 juta untuk versi 256GB
  • 649 dollar atau Rp7.6 juta untuk versi 512GB

Versi yang lebih mahal dari Situs Judi Slot Bet Kecil Steam Deck menampilkan penyimpanan NVMe SSD yang lebih cepat. Sementara yang lebih murah memiliki penyimpanan eMMC (kartu multi-media tertanam) 64GB.

Ketiga versi bisa mendukung peningkatan ruang penyimpanan dengan tambahan slot kartu MicroSD.

Saat ini Steam Deck dapat dipesan jika kamu melakukan deposit 5 dollar. Tetapi, server Steam langsung kewalahan saat memuat halaman reservasi online.

Pelanggan yang mencoba memesan Steam Deck dihadapkan dengan batas waktu dan pesan kesalahan. Beberapa dari mereka diberi tahu bahwa pesanan mungkin akan ditunda karena banyaknya pembelian dalam beberapa jam berakhir.

Pesan error mengatakan akun Steam dibuat terlalu baru untuk memesan Steam Deck. Meskipun sebenarnya akun Steam mereka sudah berusia tahunan.

Apakah Hanya Bisa Memainkan Game di Steam saja?

Valve sendiri menolak keras ide monopoli dan pasar tertutup seperti halnya yang ada di konsol dan mobile.

Karena itulah, Steam Deck bisa dijalankan untuk game apapun baik dari Steam ataupun luar seperti Epic Games, EA Play dan sebagainya.

Artinya, kamu bisa memainkan Genshin Impact atau Fornite yang tidak ada di Steam. Kamu juga bisa bermain game emulator.

Mungkin satu-satunya masalah adalah Steam OS yang default dari konsol ini. Ia berbasis Linux, kemungkinan masalah kompabilitas akan terjadi nantinya.

Meskipun Steam punya fitur proton yang mampu mengubah game Windows berjalan di Linux. Tetapi store distributor lain belum mengimplementasikan hal serupa.

Meski begitu, Valve memperbolehkan pengguna mengganti OS dari Steam Deck kapanpun itu dan tidak membatasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *